Berita

Desember

18

2019

Tahun 2019, 35 SIP Teregister di KIP Riau

posted by Admin


Pekanbaru - Sebanyak 35 Sengketa Informasi Publik (SIP) teregister di Komisi Informasi Provinsi Riau tahun 2019 dari 58 permohonan SIP yang masuk ke KIP Riau.

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Tatang Yudiansyah mengungkapkan permohonan SIP yang masuk tahun 2019 berjumlah 58 sengketa, namun hanya 35 yang diregister.

“Hanya 35permohonan yang memenuhi syarat untuk diregister, sementara yang lainnya sebanyak 23permohonan SIP tidak bisa dilanjutkan pada tahapan register, karena tidak memenuhi persyaratan dan sebagian besar salah prosedur sebelum sampai ke Komisi Informasi Provinsi Riau,” jelas Tatang, Rabu (18/12/2019) di Kantor KIP Riau yang baru, lantai tiga, kantor bersama KONI Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Selanjutnya, papar Tatang,dari 35SIP sampai pertengahan Desember 2019 ini masih ada sembilan SIP yang masih dalam proses. “Secara rinci dari 35 SIP teregister tersebut, terdiri dari penyelesaian yang ditempuh secara mediasi sebanyak 9 SIP, sela dan ajudikasi masing-masing tujuh SIP. Selebihnya sebanyak tiga SIP gugur dan sembilan masih dalam proses,” ujarnya.

Sementara itu, untuk permohonan lebih banyak diajukan oleh perorangan berjumlah 22SIP dan 13 SIP dari badan hukum seperti LSM dan lembaga bantuan hukum (LBH).